Minggu, 22 Januari 2012

Cara mengamankan komputer

PERHATIAN: CARA CARA DIBAWAH INI HANYA BERGUNA BILA KOMPUTER/LAPTOP ANDA 100% TDK DAPAT DIAKSES. 
        kali ini saya akan memberikan cara bagaimana mengamankan agar ato boleh dikata ini merupakan langkah preventiv alias sedia payung sebelum hujan trhadap komputer anda bila suatu saat ato tiba tiba komputer anda mengalami hang/error gara gara diserang virus
1)Siapkan Driver backup kompter anda,krn driver atau device driver dalam bahasa Indonesia adalah pengendali perangkat keras, driver merupakan istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
Perlu diketahui bahwa sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa adanya driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.
perlu diketahui juga perangkat keras komputer umumnya membutuhkan abstraksi. Perangkat yang sama saja mungkin dapat berbeda. Para pembuat perangkat keras merilis model-model baru yang menyediakan reliabilitas yang lebih baik atau performa yang lebih tinggi. Model baru tersebut seringnya dikontrol secara berbeda dari model yang sebelumnya. Komputer dan sistem operasi komputer tidak dapat diharapkan untuk mengetahui bagaimana cara kerja perangkat tersebut, apalagi jika memang terdapat banyak perangkat, baik itu untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang.
pengertian driver dan fungsi driver komputer
Untuk menyelesaikan masalah seperti ini, sistem operasi pun membuat sebuah spesifikasi tentang bagaimana setiap perangkat dapat diatur oleh sistem operasi. Device driver, dibuat dengan tujuan untuk mentranslasikan fungsi-fungsi sistem operasi ke dalam perintah yang dimiliki oleh perangkat yang bersangkutan. Secara teoritis, sebuah perangkat yang baru, yang umumnya dikontrol dengan menggunakan cara yang baru dapat bekerja dengan normal jika memang terdapat device driver yang cocok. Driver yang baru ini akan menjamin bahwa perangkat yang bersangkutan dapat beroperasi seperti biasa dari sudut pandang sistem operasi.
semoga artikel tentang pengertian driver dan fungsi driver diatas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.
ibaratnya otot pada tbuh kita jdi tanpa driver komptr kita akan Out of service alias tdk bisa digunakan,untuk mmbackup anda bisa mnggunakn DriverMAXX,dan simpan hasil backup anda ke intrnet krn lebih aman tahan lama Jadi bila sewaktu waktu anda butuh anda tinggal download aja.
untuk mengenal dan bagamana membackup driver silahkan klik link dibawah ini:


http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-driver-dan-fungsi-driver-pada-komputer/



#simpan hasil driver backup pada internet ato imel anda krn lebih tahan lama juga aman,jdi jika sewaktu waktu anda butuh anda tinggal download dan pakai aja.
2)Siapkan CD/DVD BACKUP RECOVERY secara singkat membackup recovery adalah anda membuat  duplikat windows ato system anda jadi jika sewaktu waktu anda butuh anda tinggal menginstal ato merecovery aja.ada banyak aplikasi untuk membackup recovery system kita anda tinggal gogling aja ato klik link dibawah ini:

http://blog.fastncheap.com/membackup-data-dengan-macrium-reflect-free-edition/#more-9973 

http://agussale.com/cara-membuat-backup-windows-7 

http://www.pusatgratis.com/software/backup-dan-amankan-data-anda-dengan-easeus-todo-backup-home.html 

 
 #dan jangan lupa menyimpan hasil backup pda partisi yg lain ato  lebih baik simpan hasil backup ke EKSTERNAL HARDISK
 

3)Siapkan CD LIVE windows,krn cd live ini brguna sekali ketika kita tdk bisa mengakses hardisk secara normal,padahal kita butuh data data yg ada di dalamnya,maka saat itulah kita mbutuhkan CD LIVE untuk mengakses Hardisk via CD/DVD,untuk memahami apa itu cd live silahkn klik Link dibawah ini.
http://www.pusatgratis.com/software/backup-dan-amankan-data-anda-dengan-easeus-todo-backup-home.html
Cara Membuat Windows Live CD dengan BART PE
 System Operasi Live CD adalah System Operasi yang dapat langsung dijalankan di CD, tanpa perlu bantuan HardDisk. Salah satu perusahaan yang telah memasuki teknologi ini adalah Linux, misalnya Knoppix, Fedora Core dll. Dengan System Operasi Live CD, anda dapat menghapus jejak-jejak file Induk Virus dengan sangat mudah. Hanya butuh sedikit waktu, maka bibit-bibit Virus itupun dapat segera dilenyapkan. Sekedar mengingatkan, System Operasi Live CD ini hanya digunakan untuk menghapus file-file Induk Virus. Baik itu yang hidden maupun super hidden. Sedangkan untuk perbaikan Registry-nya dibutuhkan media lain, misalnya HijackThis, Script, OptixPro Trojan, dll. Banyak cara untuk membuat Windows Live CD, di antaranya yaitu dengan bantuan Software Pebuilder, prosesnya ternyata cukup mudah. Salah satu cara membuat Windows Live CD yaitu dengan bantuan Software BartPE yang bisa di Download Disini

Berikut langkah-langkahnya :
Install pebuilder.exe, sampai selesai.
Klik I agree
Isi ruang yang tersedia lalu klik Build, dan klik Yes pada konfirmasi yang muncul :
Biarkan proses berjalan hingga selesai
Jika sudah selesai, akan ditandai dengan tulisan Saved this log to : dibagian akhir proses.

ATO BISA JUGA INI:

Apa itu live CD

Istilah live CD sering kita dengar pada linux, contohnya adalah linux Knoppix. Tetapi saat ini hampir semua Linux memiliki fasilitas live CD, bahkan kita bisa membuat live CD sendiri dari windows. Live CD adalah system operasi yang terinstal dalam sebuah CD jadi kita tidak perlu menginstalnya dalam Hard disk. Kita cukup booting dari CD maka kita sudah dapat menjalankan sebuah system operasi.

Untuk apa live CD Windows XP

Berikut adalah beberapa contoh kegunaan dari live CD

Sebagai sarana penyelamatan data.
Mungkin anda pernah mengalami kegagalan pada sytem operasi, dimana windows tidak lagi bisa booting dan masuk ke desktop akibat virus maupun malware. Anda ingin menginstal ulang secara full dengan menformat seluruh isi hard drive untuk memastikan bahwa instalasinya benar-benar clean atau bersih. Sedangkan data-data penting anda masih tertinggal dalam hard disk. Dengan menggunakan live CD windows anda dapat mengakses hard disk anda kemudian mengcopy data anda ke flash disk atau burn ke CD/DVD melalui aplikasi burning portable.
Untuk membasmi virus secara manual
Anda dapat menghilangkan virus secara manual dari live cd hanya dengan menghapus file start up virus yang tidak bisa anda lakukan ketika boot secara normal. Sebab kita tidak dapat menghapus file yang sedang berjalan. Disamping itu juga virus menggunakan berbagai cara agar tidak filenya tidak dihapus. Pada live CD windows menjalankan system operasi dari cd, sehingga registry dari windows yang terinfeksi tidak di jalankan.
Portabilitas
Dengan live CD tentu saja kita bisa membawa kemana-mana system operasi kita beserta aplikasi portablenya. Dan menjalankanya pada komputer yang meskipun tidak terinstal windows di dalamnya.
Cara Membuatnya
Pertama kita download terlebih dahulu aplikasi untuk membuat live CD ini yang bernama PE Builder anda dapat mendownloadnya disini jangan khawatir, tool ini gratisan
Instal dan jalankan PE Builder, di sini ada beberapa opsi yang harus di pilih.
Source : Lokasi direktori dimana anda menyimpan file setup (instalasi) windows XP anda.
Custom : Lokasi direktori dimana anda menyimpan aplikasi portable anda. Aplikasi-aplikasi portable ini sebelumnya harus anda simpan dalam sebuah direktori tertentu. Catatan : Penulis tidak menyediakan aplikasi portable ini, anda dapat mendownloadnya dari internet. Untuk sementara dikosongkan terlebih dahulu.
Output : Direktori untuk menyimpan image live CD yang akan dibuat. Sebaiknya dibiarkan apa adanya
Media Output : Pilih Burn to CD/DVD jika anda ingin langsung membuat live CDnya atau pilih Create ISO Image jika ingin meyimpan dalam bentuk ISO. Anda dapat burn nantinya menggunakan Nero atau Alkohol
cara menggunakanya
Beberapa komputer harus menseting bios terlebih dahulu agar dapat melakukan boot dari CD. Cara menseting bios sangat bervariasi tergantung dari tipe mainboard yang anda gunakan. Cara yang lazim digunakan adalah dengan menekan tombol DEL atau F2 saat komputer booting. Ubahlah boot order atau boot paling awal dari CD/DVD anda. Disamping itu juga ada komputer yang memberikan fasilitas pilihan boot dengan menekan tombol F8. Pastikan CD terdapat dalam CD Rom drive saat komputer booting. Live CD windows XP siap digunakan...`


4)INSTAL ULANG: nahh....ini adalah senjata terakhir dan senjata PALING AMPUH MELAWAN VIRUS,krn dgn di instal ulang maka komputer anda 100% Menjadi Baru lagi seperti saat prtama kali anda beli.dan anda tdk perlu kuatir dgn data data akan hilang krn dgn menggunakan langkah 1 S/d 3 Anda telah mmback up  file dan data data yg anda prlukan.dan setelah instal ulang anda bisa memasukan lagi data data dan file yg anda perlukan....NAHHH!!!...AMAN DECHH KOMPUTER KITA.
*SELAMAT MENCOBA*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar